Tips

Pentingnya Menyusun Blog Planner Bagi Seorang Blogger

penting blog planner bagi seorang blogger

Pentingnya menyusun sebuah blog planner bagi seorang blogger terkadang masih diabaikan begitu saja. Padahal ini cukup penting dan berpengaruh lho terhadap produktivitas seorang blogger dalam menghasilkan sebuah karya. Jika tak terencana dengan baik, justru akan mengacaukan jadwal yang ada, posting artikel tidak teratur, ide-ide menguap begitu saja, performa blog tak terjaga. Tentu kamu, yang mengaku seorang blogger, tak ingin mengalami hal tersebut kan?

Apa itu Blog Planner dan Bagaimana Menyusunnya

Blog planner ini merupakan sebuah susunan rencana apa saja yang akan dilakukan terkait aktivitas blogging yang dijalani. Target atau goals apa yang ingin dicapai dalam aktivitas blogging dan bagaimana cara agar dapat mencapai target itu.

Timeline susunan rencananya pun beragam. Mulai dari blog planner tahunan, bulanan hingga mingguan.

Jika telah memutuskan menjadi seorang blogger, apalagi mengharapkan dapat cuan dari blog, tentunya ada harga dan upaya yang harus dibayar untuk dapat mewujudkannya. Salah satunya dengan konsisten update artikel di blog. Nah, konsisten ini tidak akan dapat diwujudkan jika tidak ada blog planner.

Menyusun blog planner bisa diawali dengan menuliskan target atau goals dalam satu tahun ke depan.

blog plan tahun 2022
blog plan kartinimasakini setahun ke depan

Ya, saya mempunyai cita-cita membuat sebuah wadah untuk menampung karya para santri. Tinggal di lingkungan pesantren membuat saya tergerak melakukan hal ini. Bisa dengan cara menyaring bakat dan minat serta membimbing, hingga mereka bisa produktif menghasilkan karya yang bermanfaat untuk umat. Semoga dapat terealisasi di tahun 2022 mendatang.

Kemudian bisa di-breakdown lagi menjadi target atau goal bulanan.

blog planner per bulan
rincian blog planner per bulan

Nah, setelah itu, buatlah yang lebih rinci lagi menjadi rencana mingguan.

blog planner mingguan
rencana aktivitas ngeblog seminggu ini

Setelah membuat rancangan blog planner, maka saatnya merealisasikan!

Pacu diri agar bisa konsisten melaksanakan apa yang sudah direncanakan. Jangan sampai semangat merancangnya saja, tanpa adanya realisasi.  plak!

Baca Juga: Selamat Hari Kartini

Kisah Perempuan Penghuni Neraka

Diskusi Menentukan Blog Planner

Artikel kali ini merupakan salah satu tugas kelas gratis BRT Desember. Sehingga dalam menentukan blog planner ini pun juga melalui diskusi dan saling sharing. Namanya juga teman sekelas, komentarnya ada yang datar aja, ada yang unik dan ada pula yang perfect.

Simak deh komentar dari Mbak Wiwid Nurwidayati katanya blog planner saya detail banget. Iya kah? Padahal saya merasa planner saya ini masih sederhana banget. Karena saya nggak mau muluk-muluk dalam menentukan target. Yang simpel aja dulu yang penting bisa merealisasikan.

Sedangkan Mbak Novia Andriyani berpendapat blog planner saya lengkap banget karena dibuat per bulan juga. Padahal saya menulis seperti itu pun karena terbantu dengan buku blog planner yang merupakan bonus dari Buku Ngeblog Dari Nol karya Mbak Widyanti Yuliandari dan Alfa Kurnia.

Nah, ada pendapat teman sekelas yang sama dengan saya yakni Mbak Sylvianayy. Bahwa membuat blog planner itu cukup yang simpel, singkat padat dan jelas agar bisa fokus dan lebih mudah merealisasikannya.

Menurut Mbak Hydriani, membangun dua blog itu nggak mudah. Bener banget mbak, sebelumnya saya tidak menggunakan blog planner, alhasil keteteranlah. Blog yang satunya antara hidup dan mati deh. Bismillah mulai sekarang taubat deh, mau mulai konsisten nerapin tips ini biar bisa jadi blogger beneran. #eh

Mbak Devi Indriasari ini blognya keren, blog plannernya pun detail banget sampai ke langkah apa yang ditempuh dalam optimasi blog pun dituliskan. Semangat yaaa kita.

Terima kasih atas diskusi hangat kita dalam menentukan blog planner dan supportnya dalam menyelesaikan tugas kelas ini. Tetap semangat ya kita, semoga dapat terus berjuang hingga akhir.

Baca juga: Amalan perempuan yang sedang haid 

Sebuah cerpen: Suami Partner Kerjaku

Sebuah puisi: Merindu Wajah Ayu

Blogger Tanpa Blog Planner

Seorang blogger tentulah mempunya blog. Ada yang memiliki satu blog, dua blog, tiga blog dan seterusnya. Berapapun blog yang dimiliki, itu nggak penting. Yang penting adalah bagaimana kemampuan mengelolanya. Lebih baik punya satu blog tapi bisa konsisten ngeblog daripada punya lebih dari satu blog tapi jadi nggak fokus sehingga salah satunya terbengkalai. Sependapat?

Nah, untuk dapat mengelola blog dengan baik, tentunya seorang blogger harus mempunyai blog planner. Ia yang bisa menentukan sendiri tujuannya blogging untuk apa dan bagaimana step-step untuk mencapainya.

tujuan blogging
apa aja sih tujuan blogger membangun sebuah blog?

Diantara Tujuan Membangun Blog adalah:

  1. Menyalurkan hobi menulis
  2. Meningkatkan skill di dunia digital (blogging)
  3. Mendapatkan income tambahan
  4. Berbagi manfaat maupun pengalaman

Tujuan setiap blogger memang tentunya berbeda-beda. Namun bisa ditarik garis besarnya hingga saling berkaitan satu sama lain. Yang pasti banyak manfaat yang kita dapatkan dari aktivitas blogging yang dilakukan.

banyak manfaat ngeblog
inilah manfaat yang didapatkan dari aktivitas blogging

Baca juga: Curahan hati untuk Ibu

Kesimpulan

Setiap orang pasti punya cara masing-masing untuk mewujudkan cita-cita dan tujuannya dalam melakukan sesuatu. Begitupun dalam dunia blogging. Ada berbagai cara dan versi yang dilakukan. Bebas saja memilih jalan yang mana. Asal kita tahu bahwa dengan menyusun sebuah blog planner, maka aktivitas blogging pun lebih terukur dan terarah hingga bisa melakukan evaluasi secara berkala. Sedangkan jika tidak menggunakan blog planner, akan lebih buta jalan karena tidak ada pegangan arah, tidak konsisten dan tidak ada tujuan yang jelas.

So, lakukanlah yang menurut kalian baik dan sesuai dengan hati nurani. Yang paling penting jalanilah aktivitasmu dengan bahagia.

Happy Blogging! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *